Tidak ada yang menyangka bahwa Kegiatan Belajar Mengajar para santri AIC harus dilakukan di rumah. Wabah Covid - 19, telah merubah keadaan seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia.
Bagaimanapun juga, kehidupan harus tetap berjalan, termasuk pendidikan harus tetap terlaksana.
Untuk pelajaran Fisika khususnya,diantara kesulitan guru adalah tidak bisa menyampaikan materi secara menyeluruh dan detail. Guru hanya bisa menyampaikan secara terbatas dengan memberikan beberapa file PPT, link video maupun materi yang berkaitan, agar para santri bisa mempelajari lebih dalam dan luas dari berbagai sumber.
Langkah lain yang dilakukan oleh guru adalah menugaskan santri untuk membuat video, sebagai cara agar yang dipelajari santri semakin faham dan bermakna. Target Fisika juga mendorong santri agar bisa memanfaatkan teknologi masa kini sebagai sarana pembelajaran.
Adapun rincian Materi Fisika kelas 10 dan kelas 11 yang terdiri dari 6 BAB, sudah tersampaikan 3 BAB pertama. Artinya, 3 BAB lagi yang harus guru sampaikan secara online. Sebenarnya sebagai guru muncul rasa pesimis, akankah materi Fisika sebanyak 3 bab, bisa diselesaikan dalam waktu 4 kali pertemuan secara online. Tapi mau bagaimana lagi, everything must go on ....
Alhamdulillah, bahwa di awal semester genap, kami sebagai pengajar telah melakukan pengenalan materi semua BAB. Hal ini dilakukan dengan cara membagi santri menjadi beberapa kelompok sebanyak BAB yang akan di bahas. Minimal santri mengetahui, dan tidak asing dengan hal- hal yang akan mereka pelajari selama 1 semester.
Tiap kelompok terdiri dari 6 sampai 8 santri, tergantung jumlah santri dalam kelas tersebut. Sebelumnya guru memberikan 2 pertanyaan kunci tiap bab sebagai bahan untuk presentasi, hal ini dimaksudkan agar presentasi santri lebih fokus. Presentasi yang dilakukan tiap kelompok hanya berdurasi 5- 10 menit dengan persyaratan bahwa setiap anak yang maju harus berbicara secara bergantian, tidak boleh ada yang diam saja. Dengan durasi waktu tersebut, 5 kelompok bisa maju secara bergantian dalam satu kali pertemuan yaitu 2 jam pelajaran (2x 45 menit)
Presentasi pengenalan semua bab materi Fisika di awal semester dimaksudkan agar seluruh santri bisa mengingat materi apa saja yang akan mereka pelajari selama satu semester. Cara ini dilakukan karena santri mempelajari begitu banyak pelajaran, dan harus banyak melakukan hafalan, baik itu dari pelajaran kelas formal maupun Kelas Madrasah Diniyah.
Fisika sebagai mata pelajaran yang notabene menyeramkan dimata santri, karena banyak rumus dan hitungan (padahal yaa..... ga salah sih. He....he...). Maka sebagai guru Fisika, harus banyak mencari cara bagaimana santri suka dan tertarik untuk belajar Fisika.
Beberapa hal yang sudah kami lakukan adalah dengan melakukan beberapa demonstrasi fisika, praktek sederhana untuk materi yang memungkinkan, serta menayangkan beberapa video yang berkaitan dengan fenomena- fenomena alam, sesuai dengan yang akan mereka pelajari dalam satu semester.
Kami juga memberi insentif (rangsangan) berupa doorprice bagi yang mendapat nilai istimewa ketika UTS & UAS. Namun hal ini hanya memotivasi anak- anak yang rajin & pandai saja. Adapun yang secara umum adalah rangsangan berupa nilai dsb.
Fenomena yang harus dihadapi guru Fisika adalah kurang minatnya santri dengan fisika serta lemahnya kemampuan matematika santri. Hal ini tentunya tidak boleh menyurutkan semangat guru dalam mengajar. Dalam hal ini, guru sebisa mungkin memberikan motivasi yang kuat, betapa pentingnya mempelajari hal- hal yang ada disekitar/ mengenal fenomena- fenomana yang terjadi di alam semesta. Guru pun mulai menyederhanakan target minimal para santri, yakni mereka hafal judul- judul bab Fisika/ istilah- istilah fisika, serta mengetahui dan bisa menjawab fenomena- fenomena yang terjadi di alam semesta.
Oleh karena itu, di tiap pertemuan pembelajaran, guru selalu menanyakan kembali materi- materi yang di pelajari dalam satu semester. Termasuk mengulang- ulang, kunci pertanyaan tiap bab, serta menanyakan fenomena- fenomena alam yang berkaitan dengan bab tersebut.
Dan kini ketika pembelajaran dilakukan secara online dirumah, maka guru selain memberikan materi juga menugaskan untuk membuat video sebagai cara agar santri lebih memahami bahkan bisa mempraktekkan fisika dalam keseharian.
Hasil dari tugas video yang dibuat oleh santri, kami arahkan mereka untuk meng-upload ke Media Sosial mereka. Bisa FB,IG, atau YT. Meski santri yang mengerjakan tugas video tersebut tidak 100%, tapi sebagai langkah awal termasuk sudah lumayanlah. Oh iya, fakta yang kami temui, ternyata ada santri kita yang sudah punya banyak subcriber, bahkan sering mengikuti lomba vlog. Alhamdulillah....
Harapan kami bahwa seluruh santri bisa menerima, memahami, serta menikmati pelajaran Fisika dengan senang hati, meskipun pembelajaran dilakukan di rumah masing- masing. Sebagai guru pun, kami terus ingin belajar, berinovasi, membuat dan memanfaatkan teknologi, agar pembelajaran Fisika dapat tersampaikan dengan semakin baik dan semoga bermanfaat. AAmiin.
Berikut ini video- video hasil karya santri yang bisa kami dokumentasikan:
VIDEO HASIL KARYA SANTRI KELAS X MA MU ASSHIDDIQIYAH
VIDEO HASIL KARYA SANTRI KELAS XI MA MU ASSHIDDIQIYAH
Artikel lainnya:
Komentar